Pages

Cara membuat formulir pendaftaran online di blog

Minggu, 22 Juli 2012

 

Pada post sebelumnya saya telah memberikan tutorial Membuat Form dan kali ini pasa saya akan memberikan tutorial tentang membuat form dengan menggunakan Google Docs, dengan menggunakan fasilitas ini banyak sekali manfaat yang kita terima seperti :
  • Kita tidak perlu membuka satu-satu email yang kita terima dan membuatnya menjadi database, karena data yang diterima dengan fasilitas ini berupa database yang berbentuk format excel.
  • Database yang terhimpun bisa kita sharing ke orang-orang yang membutuhkan data tersebut, atau hanya kita saja yang mengetahuinya.
Sebelum memulai membuat form dengan Google Docs anda harus sudah mempunyai akun gmail, jika belum silahkan daftar Disini (saya sudah menganggap anda bisa membuat akun gmail).
MEMBUAT FORM
Berikut langkah yang harus anda lakukan adalah :
1.  Login di Docs.Google.com dengan akun anda.
2. Setelah anda login maka anda akan masuk ke beranda dokumen.
3. Untuk membuat form Anda Klik Create New

 
4. Selanjutnya anda akan masuk kelembar kerja untuk membuat judul dan keterangan form, kemudian anda mendesain filed.

 

Berikut keterangan untuk mengatur filed-filed tersebut :
Question Title : Judul Filed
Help Text : Teks pembantu untuk menerangkan judul filed
Question Type : Type filed yang tediri dari : Question Title, Help Text, Question Type, Text, Paragraph text, Checkboxes, Choose from a list Skala dan Grid (lihat tampilan outputnya disini ).
Pada beri tanda centang Make this a required question apabila filed yang anda buat harus dijawab, biarkan kalau tidak


Setelah selesai membuat filed seperti yang anda inginkan kemudian klik Done untuk selesai.
Keterangan pada gambar dibawah adalah : edit untuk mengedit filed, duplikat untuk mengcopy filed atau menggandakan filed dan delete untuk menghapus.
5. Setelah anda selesai membuat form langkah selanjutnya adalah membuat thema form dengan cara mengklik Theme: Urban Landscape dan kemudian anda pilih tema yang diinginkan, setelah anda menemukan theme yang anda inginkan maka Klik lah theme tersebut.

 
Setelah tampil privew tampilan form anda klik untuk menerapkannya



MEMASANG PADA BLOG KITA.
1. Klik More action – Embed 


2. Copy Embed yang diberikan


3. Selanjutnya tempatkan embed tersebut pada  blog kita.
MELIHAT HASIL INPUT
Untuk melihat database hasil input dari form yang telah kita pasang pada blog kita, langkah yang harus dilakukan adalah :
1.  Login di Docs.Google.com dengan akun anda.
2. Setelah anda login maka anda akan masuk ke beranda dokumen.
3. Selanjutnya Klik Form yang pernah kita buat.



4. Maka jendela baru akan muncul berisi database berbentuk format excel.
CONTOH TAMPILAN DATABASE YANG TETLAH TERKUMPUL :

12 komentar:

{ Unknown } at: 26 September 2012 pukul 19.40 mengatakan...

nice info gan,,

{ Unknown } at: 14 Februari 2013 pukul 18.43 mengatakan...

Pas banget ane lagi nyari2 tutorial ini, nice post gan,,,,

{ ReadOne } at: 2 Maret 2013 pukul 01.06 mengatakan...

klo kita ingin menampilkan databasenya di web bagaimana gan??

{ Satria Prime } at: 3 Mei 2013 pukul 23.13 mengatakan...

Trims Bro Sangat Bermanfaat....

{ Evhan Radoth Sipahutar } at: 19 Juli 2013 pukul 16.06 mengatakan...

Check Disini IndonesianSeller.Blogspot.Com

{ Unknown } at: 10 September 2013 pukul 00.17 mengatakan...

makasih bos

{ Unknown } at: 20 Januari 2014 pukul 09.13 mengatakan...

bingung gan ga' mudeng

Anonim at: 24 Februari 2014 pukul 05.57 mengatakan...

keren,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

{ NPTOK } at: 29 April 2014 pukul 03.58 mengatakan...

mas bro.... agar supaya kita dapat notifikasi lewat email kalo ada orang yg mengisi form bagaimanakah? trimakasih.....

{ yastea } at: 24 Maret 2015 pukul 04.49 mengatakan...

Keren mas bro, mohon ijin share postnya

Anonim at: 26 Agustus 2015 pukul 19.47 mengatakan...

weeess... mantap gan... hebat artikelnya..

{ nayacell } at: 26 April 2016 pukul 06.44 mengatakan...

jika masing2 peserta punya id,dan kita tidak ingin doble input gimana

Posting Komentar