Pada post sebelumnya saya telah memberikan tutorial Membuat Form
dan kali ini pasa saya akan memberikan tutorial tentang membuat form
dengan menggunakan Google Docs, dengan menggunakan fasilitas ini banyak
sekali manfaat yang kita terima seperti :
- Kita tidak perlu membuka satu-satu email yang kita terima dan membuatnya menjadi database, karena data yang diterima dengan fasilitas ini berupa database yang berbentuk format excel.
- Database yang terhimpun bisa kita sharing ke orang-orang yang membutuhkan data tersebut, atau hanya kita saja yang mengetahuinya.
Sebelum memulai membuat form dengan Google Docs anda harus sudah mempunyai akun gmail, jika belum silahkan daftar Disini (saya sudah menganggap anda bisa membuat akun gmail).
MEMBUAT FORM
Berikut langkah yang harus anda lakukan adalah :
1. Login di Docs.Google.com dengan akun anda.
2. Setelah anda login maka anda akan masuk ke beranda dokumen.
3. Untuk membuat form Anda Klik Create New
4. Selanjutnya anda akan masuk kelembar kerja untuk membuat judul dan keterangan form, kemudian anda mendesain filed.
Berikut keterangan untuk mengatur filed-filed tersebut :
Question Title : Judul Filed
Help Text : Teks pembantu untuk menerangkan judul filed
Question Type : Type
filed yang tediri dari : Question Title, Help Text, Question Type, Text,
Paragraph text, Checkboxes, Choose from a list Skala dan Grid (lihat tampilan outputnya disini ).
Pada beri tanda centang Make this a required question apabila filed yang anda buat harus dijawab, biarkan kalau tidak
Setelah selesai membuat filed seperti yang anda inginkan kemudian klik Done untuk selesai.
Keterangan pada gambar dibawah adalah : edit untuk mengedit filed, duplikat untuk mengcopy filed atau menggandakan filed dan delete untuk menghapus.
5. Setelah anda selesai membuat form langkah selanjutnya adalah membuat thema form dengan cara mengklik Theme: Urban Landscape dan kemudian anda pilih tema yang diinginkan, setelah anda menemukan theme yang anda inginkan maka Klik lah theme tersebut.
Setelah tampil privew tampilan form anda klik untuk menerapkannya
MEMASANG PADA BLOG KITA.
1. Klik More action – Embed
2. Copy Embed yang diberikan
3. Selanjutnya tempatkan embed tersebut pada blog kita.
MELIHAT HASIL INPUT
Untuk melihat database hasil input dari form yang telah kita pasang pada blog kita, langkah yang harus dilakukan adalah :
1. Login di Docs.Google.com dengan akun anda.2. Setelah anda login maka anda akan masuk ke beranda dokumen.
3. Selanjutnya Klik Form yang pernah kita buat.
4. Maka jendela baru akan muncul berisi database berbentuk format excel.
CONTOH TAMPILAN DATABASE YANG TETLAH TERKUMPUL :
12 komentar:
nice info gan,,
Pas banget ane lagi nyari2 tutorial ini, nice post gan,,,,
klo kita ingin menampilkan databasenya di web bagaimana gan??
Trims Bro Sangat Bermanfaat....
Check Disini IndonesianSeller.Blogspot.Com
makasih bos
bingung gan ga' mudeng
keren,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
mas bro.... agar supaya kita dapat notifikasi lewat email kalo ada orang yg mengisi form bagaimanakah? trimakasih.....
Keren mas bro, mohon ijin share postnya
weeess... mantap gan... hebat artikelnya..
jika masing2 peserta punya id,dan kita tidak ingin doble input gimana
Posting Komentar