Pages

Cara membuat blog gratis di wordpress

Jumat, 15 Juni 2012
Untuk membuat blog, kita bisa buat di berbagai situs penyedia layanan blog gratis seperti WordPress, Blogspot, Blogdetik, Tumbler, dan lain-lain. Tapi dari semua yang pernah ane coba, WordPress lah yang paling user friendly (paling mudah dioprasikan). Jadi, untuk pertama belajar membuat blog. Lebih baik kita buat di WordPress Terlebih dahulu.

Sebelum membuat sebuah blog, ente semua udah pada punya email belum? Kalo emang belum, bica bacara Tutorialnya di Cara membuat email di Gmail. Kalo udah punya, kita langsung menuju tutorial bergambar membuat blog di wordpress.


1. Ketikan dulu alamat www.id.wordpress.com untuk wordpress versi bahasa Indonesia. Atau bisa juga www.wordpress.com untuk yang berbahasa Inggris. Tetapi untuk mempermudah, lebih baik kita gunakan dulu yang versi bahasa Indonesia.
2. Setelah halaman pertama WordPress muncul, klik pada tombol GET STARTED HERE. Untuk lebih jelas, lihat pada screnshot dibawah ini. :D 

cara buat blog
Cara buat blog 1

3. Setelah itu, isikan form / kotak pendaftaran blog dengan lengkap seperti nama blog yang ente inginkan, username, password, dan email. Lihat contoh dibawah ini, :D
cara membuat blog di wordpress
cara buat blog 2

4. Setelah dirasa lengkap, klik CREATE BLOG seperti gambar dibawah ini. Jangan salah klik ya, nanti ente pada pilih blog yang berbayar lagi. hehe :mrgreen:
belajar membuat blog
cara buat blog 3

5. Sekarang blog udah jadi, tapi sebelum itu kita harus konfirmasi dulu dengan cara membuka email yang diberikan oleh wordpress. Jadi, sekarang ente semua buka email ente dulu. Nanti liat dah tu ada satu email yang masuk. Kalo ada, buka emailnya dan klik link yang diperintahkan atau yang ada di email yang baru ente dapat barusan.  Atau untuk mempermudah, klik ACTIVATE BLOG.
Belajar membuat blog
Cara Buat Blog 4

6. Pada tahap ini, ente semua diminta untuk memilih theme untuk wordpress. Silahkan pilih theme yang ente inginkan. Tapi kalo ga ada yang cocok, ente bisa lewat tahapan ini dan nanti akan ane berikan tutorial lagi gimana cara mengganti theme di wordpress.
Sekarang blog ente sudah selesai. ente sudah punya blog, tinggal gimana ente ngisi tu blog dengan baik dan benar. Jangan bikin blog yang isinya cuma provokasi aja. Isikan dengan hal-hal yang bermanfaat, siapa tau itu bisa menjadi kita semua lebih baik. Untuk login dan masuk ke Dashboard blog ente. Tinggal ente buka aja situsnya tadi www.id.wordpress.com setelah itu masukan username dan passwordnya. sekarang ente tinggal berekspiresi. Selamat mencoba,

0 komentar:

Posting Komentar